Kumpulan doa qunut lengkap. Mulai dari Qunut Nazilah, Qunut Witir, hingga Qunut Subuh. Semua dalam teks arab, latin, dan artinya.

Doa qunut sudah sangat terkenal di Indonesia. Khusunya bagi kalangan NU yang selalu rutin membaca doa ini saat sholat subuh.

Bacaan Qunut khususnya Qunut subuh memiliki hukum tersendiri. Dikutip dari NU online, hukum dari doa qunut merupakan sunnah ab’adl. Artinya, jika sampai lupa membaca, kita disunnahkan untuk sujud sahwi sebelum salam di tahiyat akhir.

Secara umum terdapat tiga jenis qunut yaitu qunut nazilah, qunut witir, dan qunut subuh. Lebih jelasnya lagi, simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. Doa Qunut Nazilah

Pertama, ada doa Qunut Nazilah. Doa ini biasa kita baca saat terjadi sebuah musibah besar seperti becana alam, perang, atau pandemi.

Tujuannya agar bisa memberikan kebaikan kepada orang tersebut atau terhindar dari kejahatan sesorang. Sehingga musibah yang melanda bisa segera reda.

Rasulullah pun pernah mencontohkannya selama satu bulan, saat banyak sahabat penghapal Qur’an terbunuh di sumur Ma’unah. Pendapat ini tercantum dalam hadits yang riwayat Abu Hurairah R.A dengan perawi Imam Bukhori dan Imam Ahmad.

Kita bisa membaca doa ini disetiap sholat kapanpun terutama sholat 5 waktu. Berikut ini bacaan dari qunut nazilah :

Teks Arab Qunut Nazilah

Teks Arab Doa Qunut Nazilah Pendek
Bacaan teks arab Doa Qunut Nazilah versi pendek

Teks Latin Qunut Nazilah : 

Allahumma innaa nasta‘iinuka wa nastaghfiruk, wa nastahdiika wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnii alaikal khaira kullahu nasykuruka wa laa nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk.

Allahumma iyyaaka na‘budu, wa laka nushallii wa nasjud, wa ilaika nas‘aa wa nahfid, narjuu rahmataka wa nakhsyaa adzaabak, inna adzaabakal jidda bil kuffaari mulhaq.

Arti Bacaan Qunut Nazilah :

“Yaa Allah, sungguh kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu.

Yaa Allah, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Qunut Nazilah termasuk doa yang cukup panjang. Namun meskipun panjang doa ini sangat baik untuk dibaca.

Doa lain yang juga bagus untuk dibaca setiap hari adalah Doa Sholat Dhuha. Kita bisa memohon banyak hal baik untuk melancarkan rezeki kita.

Selain versi qunut nazilah diatas, kita masih bisa menemunkan beberapa versi lain yang sering dibaca. Namun inti dari setiap doa ini ialah mendoakan kebaikan bagi umat manusia khususnya umat islam yang terkena musibah.

2. Doa Qunut Witir

Lalu yang kedua, sesuai dengan namanya, doa ini dibaca saat kita melakukan sholat witir. Biasanya pada 15 hari atau 10 hari terakhir bulan Ramadhan di rakaat terakhir dari sholat witir.

Qunut ini termasuk bacaan qunut yang pendek karena sangat singkat dan mudah dihapal. Berikut ini bacaan dari qunut witir:

Teks Arab Qunut Witir

Teks Arab doa Qunut Witir Pendek
Bacaan doa Qunut Witir versi pendek

Teks Latin Qunut Witir :

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Arti Bacaan Qunut Witir:

“Yaa Allah, berikanlah aku petunjuk di antara orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berikanlah aku keselamatan di antara orang-orang yang telah Engkau beri keselamatan,

dan uruslah diriku di antara orang-orang yang telah Engkau urus, dan berkahilah apa yang telah Engkau berikan kepadaku, dan lindungilah aku dari keburukan apa yang telah Engkau tetapkan,

Sesungguhnya Engkau yang memutuskan dan bukan diputuskan, sesungguhnya tidak akan hina orang yang telah Engkau jaga dan Engkau tolong.”

Sholat witir juga jadi pasangan yang pas untuk sholat Tahajud. Terlebih lagi selesai sholat kita memanjatkan Doa Sholat Tahajud untuk memudahkan segala urusan dan keinginan kita

3. Doa Qunut Subuh

Kemudian macam yang ketiga adalah Doa Qunut Subuh. Qunut ini merupakan doa yang paling sering warga NU baca saat sholat subuh. Sehingga tidak jarang orang juga mengenal doa ini sebagai qunut NU.

Bacaan antara qunut witir dan subuh pun tidak terlalu berbeda. Untuk lebih jelasnya beriktut ini lafal qunut subuh:

Teks Arab Qunut Subuh

Teks Arab Doa Qunut Subuh NU
Bacaan doa Qunut Subuh Pendek

Teks Latin Qunut Subuh:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Arti Bacaan Qunut Subuh:

“Ya Allah tunjukkanlah saya sebagaimana mereka yang sudah Engkau berikan petunjuk. berikanlah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah beri kesehatan.

peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau pelihara. berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang Engkau karuniakan.

lindungi aku dari segala bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum.

Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang  Engkau musuhi.

Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan

Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.”

Dalam membaca qunut subuh dapat dibedakan menjadi dua. Yakni membaca qunut ketika sendiri dan ketika menjadi imam atau berjamaah.

Doa qunut berjamaah biasanya merubah dhomir nii menjadi naa seperti Allahummahdiinaa fii man hadait… dan seterusnya.

Nah, itulah tadi sekilas tentang doa qunut beserta artinya. Masih banyak doa sunnah lain yang bisa dibaca seperti doa sholat dhuha yang juga khusus.

Semoga dapat bermanfaat, apabila terdapat kesalahan atau informasi yang kurang lengkap kami mohon maaf dan terima kasih. Wallahu a’lam bi showaf.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *