Dalam islam banyak sekali ibadah sunnah yang bisa kita lakukan. Salah satu sunnah yang sangat dianjurkan adalah melakukan sholat dhuha.

Kenapa sholat dhuha sangat dianjurkan? tentu saja karena didalam sholat dhuha terdapat banyak keuatamaan diantarnya adalah membuka pintu rezeki.

Waktu pelaksanaan sholat dhuha dimulai dipagi hari saat matahari sudah terbit atau sekitar pukul 6 lebih hingga pukul 11. Dhuha biasanya dilakukan sebanyak 4 hingga 12 rakaat dengan salam ditiap 2 rakaat.

Untuk tata cara sholat dhuha tidak berbeda jauh dengan sholat pada umumnya. Dimulai dengan niat sholat dhuha seperti berikut:

Usholli Sunnatadh dhuha rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an lillahi ta’alaa.

“Saya niat sholat dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah ta’ala”

Kemudian dilanjut dengan takbiratul ihram dan rukun sholat lainnya.

Setelah sholat dhuha dianjurkan membaca doa khusus diwaktu dhuha. Berikut ini bacaan doa sholat dhuha:

Bacaan doa sholat dhuha
Bacaan doa sholat dhuha

Bacaan Doa Sholat Dhuha Latin:

Allahumma innad dhuha-a dhuhauka, wal baha-a bahauka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ‘ishmatuka.

Allahumma in kana rizki fis samai, fa anzilhu. Wa in kana fil ardhi, fa akhrijhu. Wa in kana mu‘siron, fa yassirhu. Wa in kana haraman, fa thahhirhu. Wa in kana ba‘idan, fa qarribhu.

Bi haqqi dhuha’ika, wa baha’ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudratika. Atini ma ataita ‘ibadakas shalihin.

Terjemahan Doa Sholat Dhuha:

“Yaa Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah milik-Mu. Dan tiap keagungan adalah keagungan-Mu. Setiap keindahan adalah keindahan-Mu. Dan Kekuatan itu kekuatan-Mu. Kekuasan hanyalah kuasa-Mu. Dan perlindungan hanyalah lindungan-Mu.

Yaa Allah, Jika rezekiku di langit, maka turunkanlah. Jika berada di bumi, maka keluarkanlah. Apabila sulit, maka mudahkanlah. Jikalau haram, Maka sucikanlah (ganti dengan yang suci). Bila jauh, dekatkanlah.

Dengan hakikat dhuha, keagungan, kekuatan, kekuasaan-Mu. Tuhanku, berikanlah aku apa yang Kau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Untuk versi doa sholat dhuha yang panjang ditambahkan lagi dengan lafal

Allâhumma bika ushawilu, wa bika uhawilu, wa bika uqatilu. Rabbighfir li, warhamni, watub ‘alayya. Innaka antat tawwabur rahim.

“Yaa Allah dengan-Mu aku bergerak, dan dengan-Mu aku berusaha, dan dengan-Mu aku berjuang. Tuhanku ampunilah segala dosaku, dan turunkanlah rahmat-Mu kepadaku, dan Aku bertobat padamu. Sesungguhnya Engkau maha penerima taubat, lagi maha penyayang.”

Lafal diatas biasanya dibaca sebanyak 40/100 kali. Selain itu dianjurkan membaca doa ini setelah dua kali salam sholat dhuha atau setelah melaksanakan minimal 4 rakaat.

Doa serta sholat dhuha ini termasuk bentuk kita bersedekah dan bersyukur terhadap nikmat dan rezeki yang Allah berikan. Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Selain doa sholat dhuha, doa khusus lalinnya yang juga disunnahkan untuk dibaca adalah doa qunut. Biasanya doa ini dibaca diwaktu subuh atau disaat tertentu.

Semoga informasi ini dapat bermafaat. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan semoga kita diberi kelimpahan berkah dan lebih pandai bersyukur atas setiap rezeki yang diberi. Wallahu a’lam bi as-showaf.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *